Cara Membuat Email Baru di Gmail

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Cara Membuat Email (electronic mail) atau surel (surat elektronik) sangat mudah, tapi sebelumnya kita mesti tahu dulu apa itu email. Email adalah sarana kirim-mengirim surat, gambar, file dan sebagainya melalui jaringan komputer (Internet). Ada banyak website yang menyediakan layanan email ini secara gratis, seperti Gmail, Yahoo Email Service, Windows Live Hotmail, mail.com, dan lain-lain. Selain sebagai sarana kirim-mengirim surat, email juga dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan file-file pribadi agar dapat diakses sewaktu-waktu dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet.

Gmail adalah layanan email dari google.com yang bukan hanya menyediakan layanan untuk email, tetapi juga layanan chatt (Google+) dan terintegrasi dengan semua produk Google seperti Youtube, Webmaster Tools, Analytics dan masih banyak lagi. Dengan ruang penyimpanan yang cukup besar (7538 megabyte) kita tidak perlu takut kehabisan ruang penyimpanan. Gmail juga memiliki fitur seperti POP dan IMAP yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan Email Client seperti Outlook Express (termasuk Microsoft Outlook) maupun aplikasi handphone.

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Jika Sobat ingin memiliki email, ikuti langkah-langkah cara buat email berikut ini.
  • Kunjungi alamat gmail di http://mail.google.com/ maka akan tampil layar login akun Google, pada layar tersebut ada link Create an Account atau Buat Akun, klik link tersebut dan isi sesuai dengan data diri yang sebenarnya
    1. Nama depan dan belakang (isikan dengan nama Anda)
    2. Alamat email yang anda inginkan (akan ada pengecekan ketersediaan, karena tidak boleh ada dua alamat email yang sama)
    3. Isikan password email yang Anda inginkan (password sebaiknya perpaduan huruf besar dan kecil dengan angka numerik, ingat password yang kita telah buat bila perlu dicatat)
    4. Ketik ulang password Anda untuk memastikan tidak ada karakter yang salah
    5. Masukkan tahun, bulan, dan tanggal kelahiran Anda
    6. Pilih jenis kelamin
    7. Isikan nomor handphone Anda pada pendaftaran ini (handphone ini akan Anda gunakan dalam pengamanan akun anda nantinya)
    8. Jika anda punya akun email lainnya, isikan ke dalam formulir (ini akan membantu anda jika akun email Google yang anda buat ini mengalami masalah nantinya)
    9. Ketikkan lokasi atau negara Anda
    10. Tentu saja yang wajib hukumnya adalah menyetujui persyaratan Gmail (centang pada lokasi yang ditentukan untuk menyetujuinya)
    11. Klik tombol Langkah berikutnya
      • Pada saat membuat email di gmail ini Anda akan diminta memverifikasi pendaftaran yang anda lakukan. Masukkan nomor handphone anda dan klik kirim kode verifikasi. Tunggu beberapa saat sampai anda menerima sebuah SMS dari Google
      • SMS dari Google itu ada sebuah kode 6 angka unik. Isikan nomor tersebut pada layar verifikasi akun email baru Anda 
      • Setelah melakukan verifikasi, Anda akan diminta mengedit profil akun email baru Anda dengan memasukkan sebuah foto. Tapi kalau Anda belum mau mengedit profil, maka silahkan klik langkah berikutnya. Anda bisa mengubah profil anda nantinya dari link pengaturan akun 
      • Proses membuat email baru di Google sudah selesai, akan ada layar ramah tamah dari Google. Silahkan klik Lanjutkan ke Gmail 
      • Dengan mengklik tombol di atas Anda akan dibawa masuk ke akun Anda. Sebaiknya catat tanggal, dan waktu masuk dari email Google itu, karena waktu terkirimnya email tersebut adalah waktu pembuatan email anda. Anda akan membutuhkan data ini jika skenario terburuk atas akun Anda terjadi (maksudnya adalah saat Anda ingin mengembalikan akun email Google yang dihack). 
      Itulah cara bikin email atau membuat email baru di Gmail yang dilengkapi dengan langkah-langkah awal memproteksi akun Anda. Langkah proteksinya adalah dengan membuat password yang rumit dan mencatat tanggal dan waktu pembuatan email. Bisa juga Anda lewatkan langkah itu jika akun gmail ini tidak terlalu penting bagi anda. Sebaliknya, jika Anda membuat akun email ini untuk keperluan bisnis, pekerjaan, ataupun sesuatu yang privasi, maka sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah awal melindungi akun Google Anda.

      Artikel terkait:

      Bagikan: