Pengertian, Definisi, Arti Blog

Pengertian, Definisi, Arti Blog

Mungkin sudah terlambat kalau kita saat ini masih membahas tentang Pengertian Blog, apalagi bagi para blogger profesional yang telah bertahun-tahun menggeluti dunia blog ini. Tapi bagi saya lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, karena saya memang baru belajar tentang dunia blog ini, dan yang kedua mungkin kita sama-sama tahu kalau menuntut ilmu itu hukumnya wajib sampai kita tak bernyawa lagi. Betul gak prends...

Sekali lagi salam hormat buat para blogger yang telah malang-melintang di dunia blog ini, dan yang paling penting adalah mohon kritik dan sarannya agar saya dapat setara dengan kalian, hehehe... (ngarep). Kita langsung saja pada permasalahan yang ingin kita bahas kali ini, yaitu tentang pengertian blog, sebelum lupa saya juga ingin sampaikan bahwa artikel ini saya kumpulkan dari berbagai sumber yang tak bisa saya sebutkan satu-satu. 

Kata blog adalah singkatan dari weblog, yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang dimuat atau diposting secara berkala pada sebuah halaman web umum oleh pembuatnya dan halaman web bersifat terbuka, bisa diakses oleh semua pengguna internet. Situs web blog biasanya memang sengaja dipublikasikan untuk dapat dibaca serta memberikan informasi kepada semua pengguna internet sesuai dengan topik yang disajikan oleh penulis atau pemilik blog.

Menurut Roy Suryo, "Blog berasal dari kata web-log yang artinya catatan di web. Seperti asal katanya, blog mempunyai manfaat utama sebagai media untuk menyampaikan informasi. Baik yang sifatnya pribadi, misalnya catatan harian, ataupun bisa juga digunakan untuk promosi. Blog juga dapat digunakan untuk menarik minat. Tujuannya adalah menarik orang untuk menuliskan pengalamannya. Namun, penggunaan blog di Indonesia masih terbatas. Masih belum maksimal. Blog yang baik sebenarnya bisa menimbulkan inspirasi bagi pembacanya. Muatan tulisan yang baik tentu bisa memberikan efek baik pula. Contohnya adalah nasihat atau pengalaman berharga. Melalui blog, kita juga bisa menjaring network, terutama dengan orang-orang yang punya ketertarikan dan hobi yang sama. Dari situ kita bisa bertukar pengalaman dan informasi."

Pengertian, Definisi, Arti Blog
Para pembuat blog ini sering disebut dengan nama blogger. Melalui blognya, kepribadian blogger menjadi begitu mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang dipilih dan isu-isu di dalamnya. Oleh karena itu blog bersifat sangat personal. Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para blogger. Perkembangan lain dari blog yaitu ketika blogger memuat tulisan tentang apa yang sedang dipikirkan, dirasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog personal dapat di sebut juga diary online yang berada di internet. Satu-satunya hal yang membedakan blog diary atau jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa blog dibuat untuk dibaca orang lain.

Lumayan puyeng kepala nich, tapi Alhamdulillah akhirnya impian saya ingin punya blog sendiri sudah kesampaian walaupun masih banyak kurangnya di sana-sini. Pengertian Blog ini adalah posting pertama saya, dan sekali lagi mohon kritik dan sarannya, terima kasih.

Artikel terkait:

Bagikan: