Pengertian dan Manfaat Google PageRank

Pengertian dan Manfaat Google PageRank

Google pagerank adalah alat pembanding untuk mengukur arti dan pentingnya sebuah halaman web di dunia internet. Menurut Wikipedia PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. 

Sebuah Google PageRank yang lebih tinggi pasti akan membantu anda dalam SERP dan di-indeks lebih cepat, tetapi tidak selalu berarti bahwa semakin tinggi peringkat halaman anda akan lebih baik pada hasil pencarian. Ada hal-hal lain yang masuk ke dalam perhitungan Google untuk memutuskan halaman mana yang mendapatkan peringkat tinggi di search engine. Sebuah Google Pagerank tinggi pasti akan membantu tapi itu bukan segalanya untuk memutuskan web anda akan mendapatkan di posisi pertama pada hasil pencarian.

Pengertian dan Manfaat Google PageRank

Manfaat Google Pagerank

Artikel blog lebih cepat terindeks oleh search engine Google
Salah satu faktor yang menyebakan suatu postingan cepat terindeks oleh google adalah pagerank yang tinggi. Walaupun tidak menutup kemungkinan hal tersebut akibat dari faktor lain, namun dengan tingginya Pagerank suatu blog maka akan berpeluang semakin cepat terindeksnya postingan yang kita publish.

Lebih berpeluang menduduki posisi yang lebih baik pada SERP Google 
Dengan hadirnya Algoritma Google Panda kemudian disusul Google Penguin, dimana Algoritma Google tersebut memberikan perhatian yang lebih pada content atau isi suatu halaman, namun di sisi lain Google juga masih memperhitungkan Pagerank dalam menempatkan posisi suatu halaman di halaman hasil pencarian (SERP) untuk setiap kata kunci. Semakin tinggi pagerank suatu halaman maka halaman suatu blog akan semakin berpeluang untuk menempati posisi yang lebih baik pada SERP Google. 

Lebih berpeluang untuk mendapatkan trafik yang tinggi 
Dengan semakin berpeluangnya suatu halaman menempati posisi yang lebih baik di SERP Google, maka akan memberikan pengaruh semakin berpeluangnya halaman tersebut untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung atau visitor, dengan demikian semakin tinggi pagerank suatu halaman secara tidak langsung akan berpeluang menghasilkan trafik blog semakin tinggi 

Lebih berpeluang untuk meraup dollar melalui bisnis online
Jika Anda menghasilkan uang lewat PPC, maka akan sangat tergantung dari trafik Blog, karena semakin tinggi trafik Blog maka semakin terbka peluang pengunjung mengklik iklan Anda.

Sebagian besar Web - penghasil uang lainnya seperti Teks Link ads, Blogrevew, Sponsored Review, ReviewMe, ask2link serta web-web penghasil uang lainnya akan menetapkan standard tertentu berdasarkan dari trafik blog dan Pagerank suatu web. Jadi jika suatu web mempunyai trafik yang tinggi maka akan semakin terbuka peluang untuk mendapatkan penghasilkan yang tinggi. 

Demikian Pengertian dan Manfaat Google PageRank ini, semoga bermanfaat khususnya untuk blogger pemula seperti saya.

Artikel terkait:

Bagikan: