Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama

Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama

Cara merawat printer agar tahan lama ini akan lebih mudah dilakukan dari pada memperbaiki printer yang rusak. Tidak butuh waktu lama pada saat melakukan perawatan, hanya butuh waktu beberapa menit namun harus dilakukan dengan rutin. Baiklah, sekarang silahkan Sobat simak cara yang harus dilakukan pada poin-poin di bawah ini.
Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama

Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama

(i) Menggunakan printer dengan teratur secara berkala, minimal satu kali pemakaian dalam seminggu
Printer yang terlalu lama tidak digunakan maka akan berakibat terjadinya kebuntuan pada nozzle, karena tinta kering yang tidak mengalir. Hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Sobat untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi.

(ii) Pengisian tinta 
Segera refill atau isi tinta printer bila habis, karena cara ini juga akan membuat head catridge printer yang Sobat gunakan menjadi awet dan tahan lama.

(iii) Mematikan printer secara benar yaitu dengan menekan tombol power
Dengan menekan tombol power pada saat mematikannya, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali (parkir) di tempatnya. Hal ini akan menjadikan head catridge selalu bersih serta terjaga dari kebuntuan. Hilangkan kebiasaan mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel power.

(iv) Hindari penggunaan kertas yang telah berdebu dan kotor 
Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Sobat menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kerta akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.

(v) Menjaga kebersihan printer 
Setelah selesai digunakan jangan biarkan printer terbuka begitu saja, selalu tutup printer dengan pelindung (cover) plastik agar kotoran serta debu tidak menempel ke printer.

Bagaimana, setelah membaca beberapa poin cara merawat printer agar tahan lama di atas, maka saya yakin tidaklah sulit untuk merawat printer yang Sobat gunakan dari berbagai macam kerusakan. Selain caranya mudah juga tidak akan menyita waktu.

Demikianlah cara merawat printer agar tahan lama, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Salam berbagi.

Artikel terkait:

Bagikan: