Ingin Juara di Search Engine Google?

Ingin Juara di Search Engine Google?

Ingin Juara di Search Engine Google
Kali ini saya akan membagikan “kesimpulan” apa yang saya pelajari dan baca beberapa hari ini dari blog para Master Seo di Indonesia, yaitu cara menjadi juara di Search Engine Google. Rupanya banyak kriteria dan kelayakan yang harus dimiliki oleh sebuah blog untuk menjadi juara Search Engine Google, tidak semudah yang saya bayangkan dulu ketika memulai belajar blogging.

Untuk menjadi juara di Search Engine Google, yang pertama harus kita ketahui adalah apa yang disukai dan tidak disukai oleh Search Engine Google. Dengan mengetahuinya kita dapat mengerti sebenarnya apa yang diinginkan oleh Search Engine Google untuk menjadikan blog kita menjadi juara ditempatnya. Rasanya tidak mungkin jika kita tidak disukai kemudian kita ditempatkan pada posisi yang istimewa bukan?

Sobat ingin juara di Search Engine Google? berikut adalah kriteria blog yang disukai dan tidak disukai oleh Search Engine Google.

(i) Google tidak menyukai spam
Google sangat memerangi terhadap keberadaan spam ini. Pada sebuah blog hal yang paling sensitif terhadap adanya spam ini adalah kolom komentar, karena setiap orang dapat memberikan komentar apapun dengan tujuannya masing-masing. Salah satu cara untuk mengurangi spam pada kolom komentar adalah dengan melakukan moderasi sebelum menerbitkan komentar yang ada, tetapi tentu semua ada nilai positif dan negatifnya. Tentang kelebihan dan kekurangan moderasi komentar ini, mungkin akan saya bahas di lain kesempatan. Jadi, jika ingin menjadi juara di Search Engine Google sedapat mungkin menghilangkan spam ini dari blog Sobat.

(ii) Google suka blog dengan niche khusus
Banyak kita menemui blog yang menyajikan banyak topik yang dibahas (seprti blog ini ya, hehehe...). Tetapi sebenarnya Google kurang menyukai hal tersebut. Jika memang ingin membuat blog dengan niche yang beragam, tentu harus melakukan optimasi template dan artikel yang jelas, agar Google tidak bingung saat berada di halaman blog dengan Sobat.

(iii) Google suka dengan blog dengan banyak artikel
Dengan memiliki konten yang banyak, maka sebuah blog akan lebih dapat menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Seperti kita tau, pengunjung sebuah blog datang untuk mencari sesuatu yang dicarinya. Maka sedapat mungkin kita menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung tersebut tanpa mereka harus berpindah-pindah blog. 

(iv) Google suka dengan artikel yang unik
Walaupun Google suka dengan blog dengan banyak artikel, tetapi harus dengan topik pembahasan yang berbeda-beda. Bukan satu topik dibahas berulang-ulang hanya dengan mengubah gaya bahasa saja. Artikel unik juga dapat diartikan bukan artikel copy-paste tanpa merubah sedikitpun tata bahasanya. Jika memang kita tertarik pada artikel blog lain, sedapat mungkin kita tulis ulang dengan bahasa dan cara kita sendiri.

(v) Google suka dengan artikel yang disukai pembaca
Google juga memperhitungkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh pengunjung berada pada sebuah halaman blog. Perhitungannya adalah bila dalam artikel tersebut ada sekian kata, maka normalnya pengunjung akan menghabiskan waktu sekian untuk membaca sampai habis artikel tersebut. Jika ternyata pengunjung berada pada halaman tersebut kurang dari waktu yang diperkirakan, maka Google menganggap artikel tersebut tidak disukai oleh pengunjung atau bukan merupakan artikel yang mereka cari.

(vi) Google suka dengan blog yang banyak backlink
Dengan mempunyai banyak backlink, maka dapat diasumsikan bahwa halaman tersebut banyak yang menyukainya, dan hal ini tentu disukai juga oleh Google. Banyak backlink tentu juga harus berasal dari banyak domain, jika backlink didapat hanya dari satu atau beberapa domain saja, tentu ini tidak normal, jika hal tersebut terjadi pada blog Sobat, berarti Sobat telah menyalakan alarm spam Google untuk blog yang Sobat kelola.

Kesimpulannya, jika Sobat telah melakukan semua yang disukai oleh Google dan menghindari apa yang tidak disukainya, apakah Sobat sudah menjadi juara di Search Engine Google? Belum tentu! Hal yang perlu diingat adalah orang lain juga melakukan optimasi untuk menjadi juara di Search Engine Google pada blog mereka. Apakah mereka sebaik kita? Inilah salah satu hal yang dapat mendorong kita untuk terus belajar dan belajar menjadi lebih baik.

Sekian artikel Ingin Juara di Search EngineGoogle? ini, semoga bermanfaat dan bila ada sesuatu yang salah atau kurang mohon dimaafkan. Semoga blog Sobat dapat menjadi juara di Search Engine Google.

Artikel terkait:

Bagikan: