Tips Membeli dan Memilih Laptop

Tips Membeli dan Memilih Laptop

Tips Membeli dan Memilih Laptop

Dalam membeli laptop, kita saat ini kita dihadapkan pada banyak pilihan dari berbagai produk dan merk. Jika salah pilih maka kita tidak akan mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Misalkan kita ingin membeli laptop untuk keperluan studi, maka kita tidak perlu membeli laptop dengan spesifikasi yang tinggi, harganya pun tentu sangat mahal bagi kantong pelajar atau mahasiswa.

Jadi, dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang sangat diperlukan. Di jaman komputerisasi seperti sekarang ini, laptop bukan menjadi barang yang mewah seperti beberapa tahun yang lalu, meskipun sudah banyak bermunculan teknologi baru seperti tablet PC, laptop belum banyak ditinggalkan dan masih menjadi kebutuhan yang tak dapat digantikan.

Berikut beberapa tips bagaimana Sobat membeli dan memilih laptop yang mungkin dapat membantu Sobat, tentu semua kembali pada keputusan Sobat sendiri untuk memilihnya.

Tips membeli dan memilih laptop


(i) Pastikan Sobat membeli laptop sesuai kebutuhan
Kebutuhan setiap orang pasti berbeda, termasuk dalam kebutuhan laptop. Memang bukan hanya membeli laptop saja yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, membeli handphone, rumah ataupun hal lainya akan dipilih sesuai kebutuhan. Seperti yang dikatakan di atas, jika memang Sobat membutuhkan laptop hanya untuk kebutuhan studi, Sobat tak pelu memilih jenis laptop dengan spesifikasi tinggi, karena seorang pelajar atau mahasiswa biasanya hanya membutuhkan untuk berinteraksi dengan Office ataupun Internet saja untuk mencari informasi.

(ii) Budget yang dimiliki
Jangan terlalu banyak berharap mempunyai laptop dengan spesifikasi tinggi bila memiliki budget yang sedikit. Budget adalah yang utama, sebaiknya Sobat memilih laptop dengan budget yang Sobat miliki. Biasanya ini terjadi pada seorang pelajar ataupun mahasiswa, dengan budget yang terbatas pertimbangkan jenis laptop yang akan dipilih. 

(iii) Brand atau Merek
Sekarang ini banyak sekali brand yang bermunculan dalam dunia teknologi, tentunya juga teknologi komputer. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihkan jenis laptop dari brand yang Sobat percayai dan diyakini dan selalu mengeluarkan kualitas laptop yang baik. Misalkan terdapat berita bahwa sebuah brand adalah merek laptop terbaik saat ini. Lalu carilah informasi-informasi yang real dari mana saja untuk meyakinkan diri anda. 

(iv) Daya tahan Baterai
Namnya juga komputer jinjing, pasti memiliki sebuah baterai yang digunakan. Baterai merupakan hal yang harus dipertimbangkan juga, karena daya tahan baterai akan mempengaruhi pikiran Sobat. Contohnya, Sobat membeli laptop dengan daya tahan baterai 30 menit saja, lalu Sobat sedang bermain laptop di luar jangkauan listrik untuk men-charger, ketika laptop Sobat kehabisan baterai maka Sobat pun akan pusing sendiri. Pasti sangat kesal bukan? Jadi pilihlah laptop dengan daya tahan baterai kuat, jika memang Sobat tidak mau ambil pusing nantinya. 

(v) Konektivitas
Sobat suka menggunakan jaringan hotspot atau wifi? Jika ya Sobat harus mempertimbangkannya juga dalam membeli laptop, pastikan Sobat membelinya dengan laptop yang memiliki koneksi ini, tapi jangan khawatir, untuk laptop keluaran sekarang sudah pasti memiliki koneksi ini, meskipun mungkin tidak semuanya. Selain koneksi wifi, contoh lain adalah koneksi port-USB. Rata-rata laptop memiliki 3 Port-USB, antara lain Port-USB 3.0 dua buah dan 1 buah Port-USB 2.0. Pastikan Sobat memilih jenis Port-USB jangan kurang dari Port-USB 2.0, karena Port-USB 3.0 memiliki daya 10x lebih cepat dibandingkan Port-USB 2.0.

(vi) Garansi
Selain kelima hal di atas, Garansi juga hal yang dipentingkan. Setiap merek atau setiap produsen berbeda-beda dalam memberikan Garansi. Semakin lama waktu garansinya maka itu semakin baik.

Demikianlah tips membeli dan memilih laptop, semoga bermanfaat Sobat bisa menemukan laptop idaman Sobat yang sesuai dengan kebutuhan Sobat. Salam berbagi.

Artikel terkait:

Bagikan: