Tips Menumbuhkan Semangat Kerja

Tips Menumbuhkan Semangat Kerja

Tips Menumbuhkan Semangat Kerja

Jenuh... itu mungkin kata yang sering terdengar dari seorang pekerja yang selalu berkutat dengan hal-hal yang sama setiap hari. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, tentu semangat kerja Sobat perlahan akan terus menurun, dan ini akan berakibat fatal bagi kinerja Sobat sendiri. Bisa saja big boss akan marah besar dengan kinerja Sobat tersebut.

Ada baiknya bagi Sobat yang merasa mengalami hal tersebut di atas untuk menumbuhkan kembali semangat kerja Sobat yang telah menurun karena rutinitas yang Sobat lakukan setiap harinya. Berikut ada beberapa tips untuk melakukannya. 

Tips menumbuhkan semangat kerja


(i) Menikmati istirahat makan siang
Berapa kali Sobat memilih untuk istirahat makan siang di luar kantor? Nah apabila Sobat jarang melakukannya maka buatlah jadwal untuk menikmati makan siang di luar bersama teman-teman. Menambahkan berjalan-jalan sebentar sebelum jam makan siang berakhir pun menjadi pilihan yang menyenangkan.

(ii) Aktivitas lain di luar kantor
Terlalu fokus dengan pekerjaan memang akhirnya akan membuat pekerja mudah stress. Cobalah untuk untuk memilih beberapa aktivitas lain saat usai bekerja. Kegiatan olahraga biasanya banyak menjadi pilihan pelepas stress kerja.

(iii) Membangun passion dalam pekerjaan
Melakukan pekerjaan yang bukan passion Sobat? Masalah klasik ini memang banyak dihadapi semua para pekerja. Sebenarnya sembari melakukan pekerjaan Sobat dapat mensiasatinya dengan mengikutsertakan dengan hobi. Misalnya apabila menyukai kegiatan sosial maka dapat mendaftarkan diri dalam organisasi sosial yang ada di perusahaan Sobat bekerja.

(iv) Cari bantuan
Bila merasa sudah penuh maka sebaiknya Sobat jujur dan meminta bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Lewat program magang misalnya, maka Sobat dapat membagi dan mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada pegawai magang agar stress anda berkurang.

(v) Manfaatkan peluang
Pernahkan Sobat memaksimalkan semua fasilitas yang diberikan oleh perusahaan tempat Sobat bekerja? Nah apabila Sobat tidak pernah melakukannya, inilah saatnya. Coba bergabung dengan berbagai keanggotaan yang ada dalam perusahaan misalnya fitnes, klub buku ataupun klub olahraga dan berprestasi dibidang ini.

(vi) Cuti
Sebaiknya Sobat memilih untuk cuti dan menikmati hari libur dengan beristirahat. Upayakan Sobat terbebas sesaat dari urusan kantor dan pastikan Sobat menikmati hari libur agar ketika kembali bekerja Sobat akan termotivasi kembali untuk melakukan liburan.

Demikianlah tips menumbuhkan semangat kerja yang menurun akibat rasa jenuh dengan rutinitas yang Sobat lakukan setiap harinya. Semoga dapat bermanfaat semoga sukses. Salam berbagi.

Artikel terkait:

Bagikan: