Cara Membuat Link dalam Satu Halaman

Cara Membuat Link dalam Satu Halaman

Cara membuat link dalam satu halaman atau link yang merujuk pada halaman yang sama ini sangat mudah dan sangat berguna untuk artikel yang sangat panjang. Berbeda dengan link yang sebelumnya telah kita buat. Perbedaannya terletak pada halaman yang dirujuk oleh link tersebut.

Jika dalam artikel sebelumnya Cara Mudah Membuat Link di Blog link rujukan berada pada halaman yang berbeda, sedangkan Cara Membuat Link dalam Satu Halaman ini, link masih berada pada halaman yang sama, atau dalam satu artikel.

Tentu Sobat pernah melihat pada halaman Wikipedia, dimana ada link yang menuju pada sub judul suatu artikel. Tentu sangat membantu bukan jika artikel kita sangat panjang dan terdiri dari beberapa sub judul. Pengunjung akan lebih mudah untuk langsung menuju pada sub judul yang dicarinya.

Cara Membuat Link dalam Satu Halaman
Sebagai contoh silahkan Sobat klik link berikut dan Sobat akan menuju pada paragraph penutup dalam artikel ini, tentu harus balik lagi ya membacanya....


Jika Sobat ingin membuat artikel yang panjang dan terdiri dari beberapa sub judul, cara ini tentu sangat membantu dan berguna.

Cara Membuat Link dalam Satu Halaman
  • Langkah pertama tentu kita harus membuat link-nya terlebih dahulu dengan menggunakan script seperti di bawah ini
<a href="#nama">penutup</a>
  • Kemudian tentukan target pendaratan link tersebut. Target ini bisa sub judul atau sebuah kata yang terdapat dalam suatu paragraf. Gunakan script seperti berikut.
<a name="nama">penutup</a>
  • Gunakan mode HTML pada edit post untuk penulisan script-nya
Keterangan:
  • Ganti nama sesuai dengan kata atau kalimat yang Sobat inginkan
  • Ganti isi teks sesuai dengan target atau titik pendaratan link yang Sobat inginkan
  • Nama harus sama persis antara link dengan target atau titik pendaratan
Sebagai penutup, mudah-mudahan artikel ini berguna dan dapat bermanfaat bagi pemula seperti saya. Terima kasih telah membaca artikel Cara Membuat Link dalam Satu Halaman ini. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: