Cara Mudah Memasang Widget Google Translate

Cara Mudah Memasang Widget Google Translate

Apa kabar Sobat Guns, semoga sehat semua hari ini. Kali ini saya akan membagikan bagaimana Cara Memasang Widget Google Translate di blog. Sebanarnya telah banyak yang share tutorial  cara memasang Google Translate atau terjemahan ini. Saya di sini ingin membagikan khusus buat Sobat Guns, siapa tahu ada yang belum tahu caranya dan ingin memasang untuk blog yang Sobat kelola.

Widget Google Translate adalah widget untuk men-translate atau menterjemahkan bahasa utama dalam blog yang kita kelola menjadi bahasa lain yang sesuai dengan bahasa pengunjung blog.

Sebagaimana kita tahu, blog yang kita kelola bisa dibaca oleh orang lain tanpa batas ruang dan waktu. Mereka bisa datang dari negara manapun di dunia ini melalui tautan yang kita berikan di Google+ atau sosial media lainnya seperti Facebook maupun Twitter.

Mereka juga bisa datang ke blog yang kita kelola melalui Search Engine sesuai dengan keyword yang mereka masukkan. Bagaimanapun cara mereka datang dan mengunjungi blog kita, mereka adalah pengunjung blog yang semestinya mendapat pelayanan yang optimal.

Cara Mudah Memasang Widget Google Translate

Untuk itulah, karena bahasa utama yang kita gunakan adalah bahasa Indonesia ada baiknya jika kita menyediakan Widget Google Translate ini untuk menterjemahkan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang mereka pakai. Dengan memasang Widget Google Translate ini mereka dapat mengerti apa sebenarnya isi dari blog yang kita kelola dengan harapan mereka akan kembali lagi dan tentu akan sangat menguntungkan bagi perkembangan blog. Jika Sobat ingin memasangnya ikuti langkahnya berikut ini.

Cara Mudah Memasang Widget Google Translate

  • Login ke blogger
  • Pilih menu Tata Letak
  • Klik Tambahkan Gadget
  • Kemudian pilih Terjemahan
  • Terakhir Simpan dan lihat hasilnya.
Kini blog Sobat telah terpasang Widget Google Translate yang pasti berguna untuk pengunjung yang kebetulan mempunyai bahasa yang berbeda dengan bahasa utama yang kita gunakan untuk mengelola blog.

Jika Sobat kurang tertarik dengan tampilan Widget Google Translate yang disediakan blogger secara default, Sobat dapat menggunakan style Widget Google Translate yang menggunakan gambar bendera masing-masing negara yang tentu lebih menarik.

Style Widget Google Translate Bendera

Cara Mudah Memasang Widget Google Translate

Cara memasangnya hampir sama dengan cara memasang Widget Google Translate default dari blogger, tetapi kita membutuhkan sebuah script untuk memasangnya. Jika Sobat lebih tertarik dengan style Widget Google Translate yang menggunakan bendera negara masing-masing, ikuti langkahnya berikut ini.
  • Login ke blogger
  • Pilih menu Tata Letak
  • Klik Tambahkan Gadget
  • Kemudian pilih HTML/JavaScript
  • Masukkan script berikut pada kolom konten
  • Terakhir Simpan
Demikian Cara Mudah Memasang Widget Google Translate ini semoga bermanfaat untuk Sobat yang masih pemula seperti saya. Sebagai tambahan, agar Google dapat lebih optimal dalam menterjemahkan artikel yang kita buat, usahakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: