Contoh Makalah Cara Membuat Makalah

Contoh Makalah Cara Membuat Makalah

Tidak dapat dipungkiri lagi, sesuatu yang instan sangat digemari sekarang ini, hal tersebut berlaku juga bagi siswa maupun mahasiswa yang mendapat tugas membuat makalah. Mereka akan segera mencari contoh makalah atau cara membuat makalah di Google. Tetapi hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena akan mematikan kreativitas dan merugikan diri sendiri.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Makalah dapat diartikan sebagai suatu tulisan yang bersifat formal mengenai suatu pokok atau tema yang dibuat dengan maksud akan dipresentasikan di depan umum. Makalah dapat juga berbentuk karya tulis yang dibuat oleh siswa maupun mahasiswa sebagai laporan dari hasil tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen. Pembahasan Makalah bersifat ilmiah tentang topik atau tema tertentu yang cakupannya berada pada ruang lingkup suatu pembahasan, permasalahan, dan juga suatu kesimpulan dari penyajian suatu pembahasan.

Contoh Makalah Cara Membuat Makalah
Cara membuat Makalah yang baik dan benar tidak terlepas dengan sejauh mana pemahaman kita tentang susunan dan struktur Makalah menurut kaidah yang telah ditetapkan. Dengan mengetahui susunan dan struktur Makalah akan sangat memudahkan dalam proses pembuatan Makalah nantinya. Adapun susunan dan struktur Makalah tersebut secara umum adalah sebagai berikut.

Cover Makalah

Cover Makalah berisi judul makalah yang akan dibuat beserta logo atau gambar yang mewakili lembaga atau hal mengenai penelitian. Di cover makalah juga dicantumkan nama penulis, lembaga atau sekolah penyusun dan tahun pembuatan makalah.

Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar Makalah adalah uraian dari penulis mengenai topik yang akan dibahas di dalam makalah. Gambaran singkat dari keseluruhan maksud atau isi makalah.

Daftar Isi Makalah

Daftar Isi Makalah berisi mengenai keterangan halaman dari setiap bagian dari makalah yang disusun guna mempermudah dalam membaca makalah yang disusun.

Bab I Pendahuluan Makalah

Pendahuluan Makalah berisi beberapa bagian yang menjelaskan hal-hal yang melatarbelakangi pembuatan masalah hingga menentukan tujuan dan permasalahan yang akan dibahas dalam makalah tersebut. bagian-bagian tersebut diantaranya adalah:
  • Latar Belakang, menguraikan mengenai latar belakang penulisan makalah mulai dari kilasan masalah dan gambaran hal yang perlu diteliti atau ditemukan permasalahan
  • Maksud dan Tujuan, berisi mengenai maksud dan tujuan penulisan makalah
  • Rumusan Masalah, mengenai apa saja yang akan dipecahkan masalah dalam penyusunan makalah. Berupa kalimat-kaliamat tanya yang sesuai dengan isi makalah
  • Batasan Masalah, paragraf yang berisi mengenai uraian batasan pembahasan di dalam makalah mengenai permasalahan atau topik yang akan di bahas di makalah yang disusun.

Bab II Pembahasan

Berisi mengenai uraian-uraian materi dan penjelasan dari isi makalah. Di tuliskan sebagai sub bab dengan masing-masing topik yang sesuai.

Bab III Penutup Makalah

Penutup Makalah berisi tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah intisari dari pembahasan topik di dalam makalah. Saran berisi permohonan kritik dan saran mengenai kekurangan dan kesalahan dalam menyusun makalah. Penutup makalah juga dilengkapi dengan daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang perlu disertakan untuk mendukung kevalidan makalah yang dibuat.

Demikianlah Contoh Makalah Cara Membuat Makalah, Namun pada praktiknya, kerangka tersebut bukanlah kerangka yang pasti. Artinya kerangka tersebut adalah pokok-pokok dalam penyusunan makalah. Boleh dikembangkan sesuai kebutuhan dalam penyusunan makalah.

Artikel terkait:

Bagikan: