Persiapan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online

Persiapan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online

Setelah sebelumnya kita membahas tentang peluang usaha bisnis online, kali ini kita akan melangkah pada tahapan berikutnya yaitu apa saja persiapan memanfaatkan peluang bisnis online ini yang perlu diketahui dan dipersiapkan dengan baik.

Untuk memanfaatkan peluang usaha bisnis online menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan tentu kita harus memulai untuk memanfaatkan peluang bisnis online tersebut. Jika kita mengetahui ada sebuah peluang usaha yang begitu besar, tetapi kita tidak memanfaatkan dan mencoba terjun langsung untuk menggelutinya tentu semua akan sia-sia. Kita hanya bisa bermimpi dan menjadi penonton atas kesuksesan orang lain saja.

Pada dasarnya persiapan memanfaatkan peluang bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis offline, semua membutuhkan ketekunan, usaha, dan kerja keras. Untuk itu dalam artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan perlunya ketekunan, usaha, dan kerja keras dalam bisnis online ini, karena itu sudah menjadi keniscayaan dan keharusan. Yang akan saya jelaskan di sini adalah beberapa persiapan yang lebih khusus dalam memanfaatkan peluang bisnis online ini, dan mungkin tidak diperlukan dalam bisnis offline.
Persiapan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online

Tidak usah berpanjang lebar, berikut adalah beberapa persiapan dalam memanfaatkan peluang bisnis online yang perlu diketahui bagi yang ingin menjalankan bisnis online agar nantinya setelah bisnis online ini berjalan dapat mengurangi resiko yang mungkin tidak kita inginkan.

Persiapan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online

(i) Cermat dalam manajemen waktu
Dalam bisnis online, manajemen waktu sangat penting karena kita harus membagi antara dunia online dan offline. Jangan sampai kita sukses dalam bisnis online, tetapi dalam dunia offline kita tidak lagi bergaul dengan masyarakat, apalagi sampai dijauhi oleh teman dan kerabat. Tentu hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Lakukan aktivitas bisnis online di saat-saat jam istirahat dalam dunia offline (antara pukul 14.00 s/d 16.00, atau antara pukul 19.00 s/d 22.00). Karena sebenarnya prime time dunia online dan offline bertolak belakang. Maksudnya di saat dunia offline banyak orang sibuk bekerja, dunia online justru cenderung lebih sepi, begitu juga sebaliknya dunia online akan lebih ramai disaat jam-jam istirahat. Hal tersebut terlihat dari aktvitas sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+ maupun sosial media yang lain.

(ii) Menjadi pribadi yang unik
Menjadi diri sendiri adalah lebih baik daripada hanya meniru gaya atau style orang lain. Selain itu jika kita meniru style orang lain untuk mengembangkan bisnis online yang kita kelola, kita akan kesulitan untuk mengembangkan peluang bisnis online yang telah kelola tersebut. Karena sekeras apapun usaha yang kita lakukan, kita akan tetap menjadi nomor dua. Lebih parahnya lagi, para pengguna internet tahu mana yang orisinil dan yang hanya sekedar ikut-ikutan. Jika kita mempunyai niche yang sama dengan orang lain, kita dapat melakukan trik-trik yang lebih kreatif dan inovatif dan tentu lebih menarik dari yang telah dilakukan oleh kompetitor kita untuk menarik minat.

(iii) Selalu belajar dan mengikuti perkembangan yang ada
Tentu kita tahu, kemajuan dan perkembangan dunia internet begitu masiv dan sangat cepat. Jika kita tidak mengikuti perkembangan yang ada tentu kita akan jauh tertinggal dari kompetitor kita. Untuk itu selalu belajar dan meluangkan waktu melihat perkembangan-perkembangan terkini sangatlah diperlukan. Usahakan menyediakan waktu khusus untuk melakukan hal tersebut. Kita bisa melakukannya dengan ikut dalam forum-forum bisnis online atau sekedar berkunjung ke situs-situs tetangga untuk sekedar berkomunikasi dan menambah relasi dan pertemanan yang tentunya sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis online yang kita kelola.

(iv) Diperlukan waktu untuk sukses
Tidak ada yang instans di dunia ini, semua memerlukan proses. Jadi, jangan berharap sekarang kita memulai bisnis online, sebulan atau dua bulan kemudian kita telah mendapatkan hasil sebagaimana yang kita harapkan. Banyak para blogger pemula yang salah dalam memahami hal ini sehingga mengalami kebosanan di tengah jalan. Bisnis online tidak dapat disamakan dengan bisnis offline yang dalam sehari kerja sore atau akhir bulan sudah mendapatkan upah dari usaha yang kita lakukan. Karena kompetisi dalam bisnis online sangat ketat dan beragam, kita dituntut usaha yang lebih keras.

Setelah mengerti persiapan memanfaatkan peluang bisnis online ini, diharapkan ke depan bisnis online yang kita jalankan akan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan dan dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi, yang dapat merusak impian dan harapan yang selama ini kita menekuni bisnis online ini. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: