Cara Memilih Niche Blog yang Baik

Cara Memilih Niche Blog yang Baik

Niche blog adalah tema atau topik blog yang dibahas dengan fokus tertentu. Dengan kata lain, artikel yang diterbitkan dalam blog tersebut hanya membahas masalah-masalah tertentu yang cakupannya sempit.

Dengan beragamnya latar belakang, budaya, suku maupun pekerjaan penduduk dunia, maka ada banyak sekali pilihan niche blog yang bisa dipilih dan dikembangkan, seperti pendidikan, kesehatan, bisnis online, dan lain sebagainya.


Dalam memilih niche blog tergantung bagaimana kita menguasai niche tersebut untuk disajikan dalam artikel dan dapat bermanfaat untuk pengunjung blog. Niche blog menjadi penting karena sangat terkait dengan perkembangan dan pengembangan blog nantinya.

Cara Memilih Niche Blog yang Baik
Berikut ada beberapa langkah yang harus diperhitungkan sebelum menentukan niche blog yang akan kita kelola.

Cara menentukan niche blog

Pilih niche yang disukai
Dalam mengembangkan sebuah blog, kita dituntut untuk membuat banyak artikel terkait dengan niche blog yang kita pilih. Hal tersebut berarti kita harus memiliki ide, gagasan, perasaan dan pikiran tentang niche yang dipilih. Ide maupun gagasan tersebut dapat kita miliki jika kita menyukai tentang niche yang kita pilih. Menyukai suatu niche kita tidak diharuskan untuk menguasainya. Misalnya jika kita menyukai puisi, maka kita tidak diharuskan bisa membuat puisi. Tetapi kita dapat membuat niche blog yang lebih khusus, misalnya diskusi tentang puisi dalam artikel-artikel yang kita buat.

Niche sempit dan tetap fokus
Seperti yang telah dijelaskan di atas, niche berarti fokus. Ini berarti Sobat harus memilih niche yang sempit untuk itu. Sebagai contoh, daripada memilih niche yang luas seperti jual baju, Sobat akan lebih baik jika memilih niche lebih khusus seperti jual baju batik.

Hindari niche musiman dan jangka pendek
Jika Sobat ingin membuat blog yang sukses dengan umur panjang, maka hindari penggunaan niche musiman. Niche musiman artinya niche yang hangat dibicarakan pada waktu tertentu dan akan menghilang diwaktu yang lain. Contohnya niche pemilu 2014 yang lagi rame sekarang dan mungkin tidak akan berarti di tahun mendatang, atau bahkan setelah pemilihan suara dilakukan. Jadi pilihlah niche yang mempunyai umur panjang.

Lakukan research keyword
Untuk blog baru, hindari pemakaian keyword yang pendek (berat) karena akan kalah bersaing dengan blog yang besar dan sudah berumur. Lakukan research keyword untuk memilih keyword yang agak panjang (ringan) dan lebih tertarget yang terdiri dari 3 sampai 5 kata. Sebagai contoh, akan sangat sulit untuk bersaing dengan situs besar untuk keyword luas seperti “jual baju. Namun, jika Sobat memilih keyword yang sangat bertarget yang berkaitan erat dengan konten niche blog, seperti jual baju batik murah” untuk niche blog tentang jual batik, maka persaingan lebih kecil dan lalu lintas lebih bertarget. Sobat dapat melakukan penelitian kata kunci dan mengoptimalkan konten blog untuk kata kunci yang terbaik.

Demikianlah cara memilih niche blog yang baik ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: