Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami

Lagi jerawatan ya... Habis googling mencari cara mencegah jerawat, cara menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, cara mengatasi jerawat, atau cara mengobati jerawat. Pokoknya tentang jerawatlah... Tenang, kamu menemui artikel yang tepat untuk mengatasi masalah jerawatmu.

Sebelum membahas tentang trik menghilangkan jerawat, ada baiknya kita ketahui dahulu apa sebenarnya jerawat itu dan penyebabnya. Jerawat adalah penyakit kulit yang disebabkan karena pori-pori kulit wajah tersumbat sehingga zat yang seharusnya keluar melalui pori-pori tersebut menjadi terhalang dan akhirnya membengkak. Penyebab tertutupnya pori-pori wajah tersebut paling sering diakibatkan oleh penggunaan kosmetik yang berlebihan.
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami
Selain disebabkan oleh tertutupnya pori-pori, jerawat juga dapat disebabkan oleh bakteri yang berkembang di permukaan kulit. Hal ini sangat terkait dengan kebersihan dan kesehatan permukaan kulit wajah. Contoh yang sederhana adalah penggunaan ponsel. Permukaan ponsel bisa menjadi media untuk tumbuhnya bakteri.

Cara mencegah jerawat

Berbicara tentang jerawat tentu tidak dapat terlapas dari kulit muka, karena muka merupakan tempat tumbuhnya jerawat. Lalu apa namanya kalau jerawat tidak tumbuh di muka? Itulah yang dinamakan bisul, hehehe.... just kidding!

Menghilangkan jerawat secara umum akan terkait dengan prinsip perawatan kulit wajah, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Kulit wajah harus bersih terutama saat berada di rumah, akan sulit menjaga kebersihan muka disaat kita sendiri berada di luar rumah 
  • Gunakan kosmetik secara bijak, jangan terlalu berlebihan dalam pemakaiannya. Hindari memakai kosmetik di saat tidur 
  • Lakukan perawatan muka sesuai dengan kebutuhan kulit. Karena akan berbeda perawatan kulit yang berminyak dengan kulit yang cenderung kering 
  • Kurangi kontak dengan jerawat bila sudah terlanjur tumbuh, seperti menyentuh dan memecahkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat

Untuk menghilangkan jerawat, Sobat dapat mengikuti cara-cara alami seperti berikut ini.
  • Ambil daun pepaya yang sudah tua 2-3 helai, kemudian jemur hingga kering
  • Jika sudah kering tumbuk daun papaya tersebut dengan sedikit air untuk kemudian diambil sarinya
  • Oleskan sari daun papaya tepat di mana jerawat itu tumbuh
  • Tunggu 1-2 hari jerawat akan kering dan layu tanpa harus merasakan sakit yang lebih lama

Cara mengatasi jerawat

Untuk mengatasi jerawat agar tidak tumbuh lagi di masa yang akan datang, Sobat dapat menerapkan pola hidup sehat seperti berikut ini.
  • Minum air secukupnya dan hindari minuman yang berkarbonisasi
  • Jangan terlalu sering stress karena akan memicu pertumbuhan hormon yang dapat menyebabkan jerawat
  • Perbanyak makanan yang mengandung serat
  • Jaga kebersihan barang-barang yang dapat kontak langsung dengan muka, seperti ponsel, handuk dan sarung bantal
  • Cuci muka dengan pembersih khusus cukup 2 kali sehari, jika terlalu sering akan dapat mengurangi kelembaban kulit.
Demikianlah cara menghilangkan jerawat ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Untuk dapat diingat kebersihan adalah sebagian dari iman, dan dengan tingkat kebersihan yang baik maka semuanya akan lebih baik.

Artikel terkait:

Bagikan: