Contoh Biografi Pahlawan Nasional Biografi Soekarno

Contoh Biografi Pahlawan Nasional Biografi Soekarno

Menjelang pilpres 2014 keyword Biografi Jokowi dan Biografi Prabowo Subianto laris manis di internet selain Biografi Pahlawan Nasional dan Biografi Soekarno. Hal tersebut sangat wajar karena kita sebagai pemilih wajib tahu siapa sebenarnya calon presiden yang nantinya akan memimpin Indonesia 5 tahun ke depan.

Artikel ini dibuat untuk pembelajaran pembuatan artikel yang baik dan seo di mata Search Engine. Untuk itulah dalam artikel Contoh Biografi Pahlawan Nasional Biografi Soekarno ini tidak akan dibahas tentang Biografi Jokowi maupun Biografi Prabowo Subianto. Tapi akan memberikan Contoh Biografi Pahlawan Nasional, yaitu Biografi Soekarno Presiden pertama Republik Indonesia.

Menurut Wikipedia, Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai meninggal dunia (http://id.wikipedia.org/wiki/Biografi).

Berikut adalah sebagian dari Biografi Ir Soekarno yang dikutip dari Wikipedia. Tentu tidak semuanya dikutip dalam artikel ini karena terlalu panjang. Jika Sobat ingin membacanya lebih lanjut dapat merujuk ke link http://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno. 

Contoh Biografi Pahlawan Nasional Biografi Soekarno


Contoh Biografi Pahlawan Nasional Biografi Soekarno

Ketika dilahirkan, Soekarno diberikan nama Koesno Sosrodihardjo oleh orangtuanya. Namun karena ia sering sakit maka ketika berumur lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya. Di kemudian hari ketika menjadi presiden, ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah (Belanda). Ia tetap menggunakan nama Soekarno dalam tanda tangannya karena tanda tangan tersebut adalah tanda tangan yang tercantum dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh diubah. Sebutan akrab untuk Soekarno adalah Bung Karno.

Nama Soekarno pernah diabadikan sebagai nama sebuah gelanggang olahraga pada tahun 1958. Bangunan tersebut, yaitu Gelanggang Olahraga Bung Karno, didirikan sebagai sarana keperluan penyelenggaraan Asian Games IV tahun 1962 di Jakarta. Pada masa Orde Baru, kompleks olahraga ini diubah namanya menjadi Gelora Senayan. Tapi sesuai keputusan Presiden Abdurrahman Wahid, Gelora Senayan kembali pada nama awalnya yaitu Gelanggang Olahraga Bung Karno. Hal ini dilakukan dalam rangka mengenang jasa Bung Karno.

Setelah kematiannya, beberapa yayasan dibuat atas nama Soekarno. Dua di antaranya adalah Yayasan Pendidikan Soekarno dan Yayasan Bung Karno. Yayasan Pendidikan Soekarno adalah organisasi yang mencetuskan ide untuk membangun universitas dengan pemahaman yang diajarkan Bung Karno. Yayasan ini dipimpin oleh Rachmawati Soekarnoputri, anak ke tiga Soekarno dan Fatmawati. Pada tahun 25 Juni 1999 BJ. Habibie meresmikan Universitas Bung Karno yang secara resmi meneruskan pemikiran Bung Karno, Nation and Character Building kepada mahasiswa-mahasiswanya.

Sementara itu, Yayasan Bung Karno memiliki tujuan untuk mengumpulkan dan melestarikan benda-benda seni maupun nonseni kepunyaan Soekarno yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Yayasan tersebut didirikan pada tanggal 1 Juni 1978 oleh delapan putra-putri Soekarno yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Seokarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, dan Kartika Sari Dewi Soekarno. Pada tahun 2003, Yayasan Bung Karno membuka stan di Arena Pekan Raya Jakarta. Di stan tersebut ditampilkan video pidato Soekarno berjudul "Indonesia Menggugat" yang disampaikan di Gedung Landraad tahun 1930 serta foto-foto semasa Soekarno menjadi presiden. Selain memperlihatkan video dan foto, berbagai cenderamata Soekarno dijual di stan tersebut. Di antaranya adalah kaus, jam emas, koin emas, CD berisi pidato Soekarno, serta kartu pos Soekarno.

Demikian Contoh Biografi Pahlawan Nasional Biografi Soekarno ini semoga ada gunanya dan bagaimana hasilnya di Search Engine? Apakah masuk di 20 besar Search Engine? Lihat saja Sob. Happy blogging.

Artikel terkait:

Bagikan: