Inilah Keutamaan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Inilah Keutamaan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Sebagai seorang Muslim yang mempunyai kewajiban menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan sudah selayaknya mengerti apa keutamaan bulan Ramadhan tidak hanya sebatas membuat kata kata bulan Ramadhan di sosial media. Jika Sobat ingin mengetahui keistimewaan bulan Ramadhan tersebut, berikut diantara keutamaan bulan Ramadhan yang mesti kita ketahui dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tahun ini.

Keutamaan Keistimewaan Bulan Ramadhan 

Keistimewaan bulan Ramadhan yang pertama karena bertepatan dengan diturunkannya al-Qur’an pertama kali Oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana Firman Allah dalam Surat al-Baqarah ayat 185 yang artinya: 
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”
Inilah Keutamaan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya adalah dibelenggunya setan-setan yang selama ini menjerumuskan kita ke jalan yang salah. Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:
Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)
Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah adanya suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar adalah malam-malam dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surat al-Qadr ayat 1-3 yang artinya:
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
Yang menjadikan keutamaan bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa seorang muslim. Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi yang artinya:
Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi)
Demikianlah diantara keutamaan keistimewaan bulan Ramadhan, semoga dengan nikmat yang begitu besar ini kita dapat menjalankan amalan bulan Ramadhan ini untuk menjadikan diri kita kembali fitri. Happy blogging!

Source: http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/keutamaan-puasa-ramadhan.html

Artikel terkait:

Bagikan: