Kumpulan Nama Penemu Penemu di Dunia

Kumpulan Nama Penemu Penemu di Dunia

Penemu penemu dunia yang berjasa bagi kemajuan ilmu dan teknologi sangat banyak jumlahnya. Mulai dari penemu komputer, facebook, radio, televisi, listrik dan sebagainya. Kita yang hidup di jaman sesudahnya sangat menikmati dan terbantu atas penemuan penemuan mereka tersebut. 

Dapat dibayangkan, tanpa penemu dunia dengan segala macam temuannya tersebut kita akan selalu berada di jaman yang hidup tanpa teknologi. Tidak berlebihan kiranya jika kita merasa berterima kasih kepada mereka semua, atas jasa dan perjuangan mereka.

Artikel ini adalah salah satu wujud rasa terima kasih yang dapat saya lakukan untuk para penemu di dunia yang saya kumpulkan dari berbagai sumber untuk menjadi pustaka online, setidaknya buat saya sendiri dan pengunjung Blog Guns ini tentunya.

Penemu Komputer

Charles Babbage adalah penemu komputer yang lahir pada tanggal 26 Desember 1792, di Southwark, London. Charles Babbage mempunyai kelebihan dalam bidang matematika bahkan daripada tutornya sendiri di Trinity College di Cambridge tahun 1811.

Kumpulan Nama Penemu Penemu di Dunia
Tahun 1821 Charles Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun tabel matematika. Pada tahun 1832 mesin tersebut mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine (1856), yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Diantaranya adalah penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.

Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Howard H. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat.

Penemu Facebook

Mark Elliot Zuckerberg adalah penemu Facebook bersama temannya. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard.

Zuckerberg lahir tahun 1984 di White Plains, New York dari pasangan Karen, seorang psikiater, dan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi. Ia bersama tiga saudara perempuannya, Randi, Donna, dan Arielle, dibesarkan di Dobbs Ferry, New York.

Di Ardsley High School, Zuckerberg mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran klasika sebelum pindah ke Phillips Exeter Academy pada tahun pertamanya, tempat ia mendapat banyak hadiah dalam bidang sains (matematika, astronomi, dan fisika) dan ilmu klasik.

Zuckerberg adalah anggota Alpha Epsilon Pi. Zuckerberg lalu membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya. Tetapi setelah ia membuat sistem tersebut, ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung di dalamnya. Sistem itu lama-kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempatnya kuliah, dan inilah awal dari Facebook yang kita kenal saat ini.
Dari situasi inilah, Zuckerberg berinisiatif untuk mengembangkan sistem jejaring tersebut.

Mula-mula Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberi nama Facebook. Zuckerberg dan kawan-kawannya lalu menyewa tempat di Palo Alto, California sebagai tempat untuk mengembangkan Facebook.

Penemu Radio

Edward Howard Armstrong lahir 18 Desember 1890 adalah penemu radio dan seorang insinyur listrik Amerika. Armstrong adalah penemu modulasi frekuensi modulai frekuensi modern (FM) radio.

Armstrong lahir di New York City, New York, AS. Ia belajar di Columbia Univercity dan kemudian menjadi profesor di sana. Ia menemukan rangkaian regeneratif saat dia sarjana dan dipatenkan pada tahun 1914, sirkuit super-regeneratif (1922), dan penerima superheterodyne (1918).

Kepintaran dan keuletannya sudah tampak sejak kecil. Bahkan, ketika usianya baru menginjak 14 tahun, ia telah bercita-cita ingin menjadi seorang penemu. Ketika menginjak remaja, dia mulai mencoba menjadi tukang servis alat-alat rumah tangga tanpa kabel (nirkabel), dan ketika duduk di bangku SMA, dia telah mulai mengadakan uji coba dengan membuat tiang antena di depan rumahnya untuk mempelajari teknologi nirkabel yang kala itu sering mengalami gangguan. Dia dengan cepat dapat memahami permasalahan pada alat komunikasi tersebut. Ia juga dapat menemukan kelemahan sinyal pada penerima akhir transmisi komunikasi. Padahal, tidak ada cara lain untuk memperkuat tenaga pada pengiriman akhir.

Untuk mengembangkan pengetahuannya pada masalah gelombang komunikasi, setelah tamat SMA, Amstrong masuk ke Universitas Columbia jurusan teknik. Di universitas itulah ia melanjutkan penelitiannya di bidang nirkabel. Pada tahun ketiga di Universitas Columbia, Armstrong memperkenalkan temuannya, berupa penguat gelombang radio pertama (radio amplifier). Radio sendiri sebenarnya sudah ditemukan terlebih dahulu oleh Lee De Forest yang menggunakan Tabung Audion yang diberi nama tabung Lee De Forest. Namun, gelombang yang dipancarkannya masih terlalu lemah.

Armstrong mempelajari cara kerja tabung Lee De Forest dan kemudian mendesain ulang dengan mengambil gelombang elektromagnetik yang datang dari sebuah transmisi radio dan dengan cepat memberi sinyal balik melalui tabung. Hanya sesaat, kekuatan sinyal akan meningkat sebanyak 20.000 kali per detik. Fenomena ini oleh Armstrong disebut dengan regenerasi radio, yang merupakan penemuan penting dan perlu saat radio pertama kali ada.

Dengan pengembangan ini, para teknisi radio tidak memerlukan 20 ton generator lagi agar stasiun radio mereka mengudara. Desain sirkuit tunggal temuan Armstrong menjadi kunci kelangsungan gelombang transmiter yang menjadi inti operasional radio. Dan dia lulus sarjana teknik tahun 1913. Atas temuannya tersebut, Armstrong mematenkan ciptaannya dan memberi lisensinya pada Marconi Corporation tahun 1914.

Demikian Kumpulan Nama Penemu Penemu di Dunia yang berjasa bagi kemajuan ilmu dan teknologi. Tanpa penemu penemu di dunia tersebut kita tidak bisa merasakan kemajuan yang kita rasakan sekarang ini, semoga bermanfaat. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: