Karakteristik Blog Yang Baik

Karakteristik Blog Yang Baik

Sebelumnya saya pernah membahas tentang bagaimana karakter seorang blogger yang baik, pada artikel kali ini saya masih akan membahas tentang karakter, tapi bukan karakter blogger atau pemilik blog, melainkan karakter blog itu sendiri.

Ketika membuat keputusan untuk membuat blog, tujuannya pasti agar orang mengunjungi dan membaca artikel yang telah kita publikasikan pada blog tersebut. Dengan kata lain, dengan membuat blog maka akan memiliki peluang bagus untuk sukses karena dapat terhubung dengan banyak orang.

Blog harus memiliki karakter tertentu untuk dapat berkembang dengan baik. Karakter blog tersebut dapat menjadi identitas yang membedakan antara blog yang kita kelola dengan blog lainnya. Jika blog yang kita kelola tidak mempunyai karakter dan cenderung sama dengan blog lainnya, maka kita tidak mempunyai alasan sedikit pun untuk mengajak orang lain berkunjung.

Karakteristik Blog Yang Baik
Berikut adalah beberapa karakter blog yang baik dan dapat menjadi identitas dan pembeda dengan blog-blog lain, untuk memastikan kita berada di jalur yang benar saat proses pengembangan blog selanjutnya.

Kepribadian

Blog yang baik adalah blog yang dapat mencerminkan sifat dan kepribadian pengelolanya (sang blogger). Suntikkan kepribadian yang Anda miliki ke dalam postingan yang kita buat. Menjadi diri sendiri akan lebih baik daripada kita meniru orang lain yang sebenarnya itu sama sekali tidak dapat mencerminkan siapa kita sebenarnya.

Menulislah seperti selayaknya berbicara, sehingga komunikasi yang terbentuk menjadi dua arah. Optimalkan setting latar dengan optimal, misalnya bagaimana keadaan kita saat menulis artikel tersebut, apa yang telah kita lakukan dan sebagainya. Dengan begitu blog yang kita kelola akan menjadi unik dan berkepribadian.

Opini

Salah satu komponen kunci dari kepribadian yang unik adalah pendapat yang kita kemukakan tentang topik tertentu yang terkait dengan artikel atau blog secara keseluruhan. Jangan takut untuk menyatakan pendapat pribadi ke dalam posting blog. Tanpa pendapat atau opini yang kita buat, artikel blog tak ubahnya seperti berita. Sedangkan yang membuat blog lebih menarik adalah pendapat atau opini dari sang blogger mengenai suatu topk yang sedang dibicarakan.

Partisipasi

Membuat blog tidak berakhir setelah publikasi artikel yang kita lakukan kemudian melupakannya. Komunikasi dua arah yang terbentuk antara pengunjung dan pemilik blog menjadi salah satu kelebihan blog. Jika pengunjung meninggalkan komentar pada artikel yang kita buat, kita harus berpartisipasi di dalamnya dengan cara menjawab atau menanggapi komentar tersebut.

Jika diibaratkan blog sebagai rumah dan pengunjung adalah tamu, sudah selayaknya kita menghormati tamu-tamu kita tersebut, bukan meninggalkan begitu saja. Jika hal tersebut dapat dilakukan dengan baik, maka pengunjung akan merasa dihormati dan memberi peluang mereka untuk kembali lagi suatu saat.

Nilai

Blog yang baik harus dapat menyelesaikan atau menjawab kebutuhan pengunjung. Jika tidak, maka pengunjung merasa tidak ada gunanya untuk mengunjungi blog yang kita kelola. Dengan kata lain, blog harus memberikan nilai tambah bagi pengunjung tentang apa yang mereka butuhkan.

Ketersediaan

Jika kita ibaratkan blog adalah rumah, maka jangan sampai rumah tersebut kosong dalam waktu yang lama. Jangan mempublikasikan artikel kemudian menghilang selama seminggu atau sebulan.

Kemajuan blog tergantung pada ketersediaan informasi, jika ada kekurangan pada suatu topik di dalam artikel, maka pengunjung akan mempertanyakannya pada kolom komentar yang tersedia. Jika pengunjung tidak memperoleh informasi yang mereka peroleh karena ketersediaan informasi yang terbatas kepada mereka, maka mereka akan mencari solusinya di tempat lain.

Demikianlah beberapa karakteristik blog yang baik, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: