Menghindari Kesalahan Pemilihan Nama Domain

Menghindari Kesalahan Pemilihan Nama Domain

Menghindari pemilihan nama domain blog yang salah adalah keputusan yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi perkembangan blog dan proses optimasinya nanti. Hal tersebut bertambah sulit karena mungkin nama domain blog yang kita inginkan telah dipergunakan atau dipakai oleh orang lain sebagaimana telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul Tips Memilih Nama Domain Blog.

Jangan merasa puas dengan nama domain blog yang tidak disukai atau akan menjadi penghambat perkembangan blog nantinya. Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari ketika memilih nama domain blog yang harus diingat.

Jangan memilih ekstensi domain yang tidak biasa

Jika nama domain yang diinginkan tidak tersedia dalam ekstensi .com untuk URL, maka pertimbangkanlah untuk memilih nama domain yang berbeda tetapi dalam ekstensi .com tersedia. Sejauh ini, ekstensi .com adalah yang paling umum digunakan untuk nama domain blog.

Jika tidak hanya menambahkan nama agar tersedia dalam ekstensi .com, maka akan membingungkan orang untuk melakukan pencarian. Biasanya, setelah orang gagal mencari blog yang mereka cari dalam pencarian pertama, maka mereka akan berpindah menggunakan nama lain yang sesuai dengan apa yang mereka cari.

Jika benar-benar berkomitmen untuk nama domain tertentu, sedangkan dalam ekstensi .com tidak tersedia, maka dapat menggunakan ekstensi yang lain tetapi jangan terlalu umum seperti ekstensi .info dan sebagainya karena akan memperkecil kesempatan orang melakukan pencarian melalui ekstensi tersebut. Sobat bisa memilih ekstensi seperti .net yang lebih banyak digunakan oleh orang lain.

Yang paling penting, jangan membuat pengunjung merasa kesulitan untuk menemukan blog yang kita kelola dengan membuat ekstensi yang tidak biasa digunakan orang lain yang dapat mengurangi kepercayaan pengunjung karena ekstensi-ekstensi tersebut biasa digunakan oleh situs-situs yang berbahaya atau situs spam

Menghindari Kesalahan Pemilihan Nama Domain

Hindari salah eja nama domain

Salah eja nama domain akan dapat membingungkan pengunjung. Sebagaimana telah disebutkan di atas, sebagian besar orang tidak akan melakukan upaya ekstra untuk menemukan blog yang kita kelola dengan melakukan berbagai kombinasi nama domain. Mereka biasanya akan beralih ke blog lain begitu tidak mendapatkan apa yang mereka cari dalam pencarian pertama. Semakin sederhana nama domain akan semakin baik

Hati-hati angka dalam nama domain

Angka juga dapat menyebabkan kebingungan bagi pengunjung. Hal tersebut dikarenakan angka-angka dapat membentuk kombinasi dalam jumlah yang tidak terbilang. Selain itu, antara bahasa lisan dan bahasa tulis akan cenderung berbeda jika kita bicara tentang angka ini. Sebagai contoh, sebuah blog yang memiliki nama domain 4lelaki.com, akan menjadi multi tafsir dalam pengucapannya. Orang dapat mengucapkan “empat lelaki” atau “for lelaki” atau “untuk lelaki”. Jadi, sedapat mungkin untuk menghindari angka dalam penggunaan nama domain blog

Pertimbangkan penggunaan tanda baca untuk nama domain

Tanda baca adalah jenis lain yang dapat membingungkan pengunjung blog jika digunakan sebagai nama domain walaupun sebagian besar tanda baca tidak diperbolehkan untuk nama domain. Jika memang benar-benar berkomitmen untuk menggunakan tanda baca ini (seperti nama domain yang saya gunakan blog-guns.com) harus dipertimbangkan dahulu jangan sampai akan melemahkan bahkan membingungkan pengunjung blog

Jangan pernah menggunakan merek dagang tertentu

Jika membuat nama domain yang mengandung merek dagang yang dimiliki oleh orang atau badan tertentu, maka mereka yang mempunyai merek dagang tersebut dapat mengajukan keberatan sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika memang dianggap kita melanggar peraturan, maka kita harus mengganti nama domain yang telah kita miliki tersebut.

Bayangkan kita telah mengembangkan blog sekian lama dengan susah payah, dengan tiba-tiba ada gugatan dari pihak lain tentang penggunaan nama domain yang kita pakai karena mengandung merek dagang yang mereka miliki dengan tanpa izin. Kita akan kehilangan segalanya, bukan saja harus mengganti nama domain, tetapi mungkin kita akan menghadapi berbagai macam denda dan sebagainya.

Demikian cara menghindari kesalahan pemilihan nama domain blog ini, semoga bermanfaat dan dapat berguna untuk kita semua. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: