Pengertian Blog dan Sejarahnya

Pengertian Blog dan Sejarahnya

Dalam artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang pengertian blog ini, tetapi dalam artikel kali ini saya akan mencoba merangkumnya sehingga mudah untuk dipahami karena saya akan mengambil beberapa point yang dianggap penting saja.

Pengertian Blog

Pengertian blog (disebut juga weblog atau web log) adalah situs yang terdiri dari entri (disebut juga posting) yang muncul dalam urutan kronologis terbalik, singkatnya masukan terbaru yang akan muncul pertama. Blog biasanya memiliki fitur seperti komentar dan link untuk meningkatkan aktivitas pengguna.

Jadi komunikasi yang terbentuk dalam blog adalah dua arah, yaitu antara pemilik dan pengunjung. Namun karena kebutuhan khusus blog dapat juga berbentuk komunikasi satu arah, seperti blog berita dan sebagainya.

Istilah dalam blog

Blogging adalah tindakan atau aktivitas menulis posting untuk blog
Blogger adalah seseorang yang menulis posting untuk blog
Blogosphere adalah komunitas online blog dan blogger

Sejarah blog

Sejarah blog dimulai pada suatu masa ketika internet itu hanya digunakan sebagai alat informasi. Dalam periode awal World Wide Web sekitar 20 tahun yang lalu, situs web atau blog dibuat berbentuk sangat sederhana dan komunikasi yang terbentuk hanya satu arah. Seiring berjalannya waktu, internet menjadi lebih interaktif dengan pengenalan website berbasis transaksi dan belanja online.

Pengertian Blog dan Sejarahnya
Itu semua berubah dengan evolusi Web 2.0 (web sosial) dimana konten yang dibuat oleh pengguna menjadi bagian integral dari dunia online. Saat ini, pengguna website memberikan komunikasi dua arah dan mulai saat itu log web (atau blog) lahir.

Kelahiran blog

Blog paling awal dimulai pada akhir 1990-an yang hanya digunakan sebagai buku harian online. Seseorang hanya memposting informasi tentang kehidupan dan pendapat mereka setiap harinya. Posting-posting harian tersebut terdaftar secara terbalik menurut urutan tanggal, sehingga pembaca melihat posting terbaru tampil pertama dan diikuti oleh postingan sebelumnya. Format ini memberikan gambaran terbaru yang berlangsung dari sang pemilik blog (blogger).

Seiring perkembangan blog, fitur interaktif kemudian ditambahkan untuk membuat percakapan dua arah antara pemilik dan pembaca blog. Pembaca mengambil keuntungan dari fitur yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan komentar pada posting blog atau link ke postingan di blog sehingga terjalin komunikasi dua arah.

Blog hari ini

Saat ini internet telah berkembang menjadi media sosial yang banyak sekali pengunanya, begitu juga blog yang telah menjadi sangat populer. Blog telah berkembang tidak hanya menjadi buku harian online, tetapi aktivitas blogging telah menjadi bagian penting dari dunia online maupun offline sehingga tidak jarang seorang blogger menjadi sangat popular dan dapat mempengaruhi dunia politik, bisnis dan masyarakat dengan kata-kata yang mereka buat melalui postingan

Blog di masa depan

Tampaknya tak akan terelakkan lagi bahwa aktivitas blogging akan menjadi lebih berkembang di masa mendatang dengan lebih banyak orang terlibat di dalamnya. Dengan kemampuannya yang dapat mempengaruhi pembaca, blog akan menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan bisnis di masa yang akan datang.

Siapapun dapat dengan mudah membuat sebuah blog dengan menggunakan alat atau tools yang sangat mudah bahkan gratis yang tersedia secara online. Pertanyaannya tidak lagi "untuk apa saya membuat blog?" melainkan, "mengapa saya tidak membuat blog?"

Demikian pengertian blog dan sejarahnya ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: