Persiapan Sebelum Membuat Blog

Persiapan Sebelum Membuat Blog

Setelah sebelumnya kita membahas pengertian blog dan sejarahnya, kini kita akan membahas tentang persiapan sebelum membuat blog yang perlu dipahami. Sebelum membuat blog dan terjun dalam aktivitas blogging, sangat penting untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas blogging yang tepat untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi dalam masa pengembangan blog nantinya.

Dengan mengetahui kemungkinan resiko yang terjadi tersebut kita akan memiliki cara penanggulangannya sehingga tujuan dalam membuat sebuah blog akan sesuai dengan yang diharapkan. Sebelum membuat blog ada baiknya simak beberapa persiapan sebelum membuat blog berikut ini.

Sediakan waktu untuk aktivitas blogging

Blogging yang sukses membutuhkan komitmen waktu yang besar dan pengorbanan. Blogging tidak hanya sebatas menulis dan mempublikasikan postingan saja. Sebaliknya, dalam mengembangkan sebuah blog diperlukan promosi, mengunjungi dan membaca artikel blog dan situs lain, serta mengikuti berita dan isu-isu yang terkait dengan topik blog yang kita kelola dan banyak lagi. Untuk menjadi seorang blogger yang sukses harus suka membaca, meneliti, serta menghabiskan waktu yang kita sediakan untuk menyerap berbagai informasi penting yang berkaitan dengan blog yang kita kelola.
Persiapan Sebelum Membuat Blog

Harus suka menulis

Jika kurang suka menulis, maka aktivitas blogging mungkin kurang cocok untuk dijalankan, minimal ada usaha untuk mulai belajar menulis. Untuk membangun sebuah blog yang sukses sangat perlu membuat artikel yang berguna bagi pengunjung, menanggapi komentar yang ditinggalkan pengunjung pada artikel yang kita buat, meninggalkan komentar di blog lain yang kit abaca dan banyak lagi. Masing-masing faktor tersebut memerlukan keterampilan menulis. Untuk menjadi blogger sukses, harus selalu menulis artikel yang berguna buat pengunjung. Ibarat benda hidup, artikel adalah makanan utama sebuah blog.

Pilih niche atau topik blog yang disukai

Seperti dijelaskan sebelumnya, blogging yang sukses mensyaratkan blogger menulis artikel sesering mungkin.  Hal ini untuk menarik pembaca baru agar tertarik dengan topik yang kita bahas dan mempertahankan pembaca yang sudah ada untuk datang kembali. Jika kita kurang menyukai niche atau topik yang kita bahas untuk blog yang kita kelola, jangankan orang lain, kita sendiri pun akan enggan untuk membuka blog tersebut. Padahal perkembangan sebuah blog sangat membutuhkan artikel-artikel yang segar. Dengan memilih topik yang kita sukai, kita akan lebih mudah untuk meng-update artikel blog setiap harinya.

Serius dan berkomitmen melakukan aktivitas blogging

Blogging yang sukses adalah berani berkomitmen dalam hal waktu dan usaha serta membutuhkan disiplin dan motivasi diri. Kita harus memiliki jadwal yang teratur kapan harus melakukan aktivitas blogging tentu tanpa meninggalkan aktivitas kita sehari-hari dalam dunia nyata serta berkomitmen penuh dengan jadwal yang telah kita buat tersebut.

Berani tampil beda dan apa adanya

Sebagai blogger, kita dapat menuangkan ide atau gagasan untuk seluruh pembaca atau pengunjung pada blog yang kita kelola. Kita harus berani menampilkan siapa diri kita sebenarnya. Meskipun bisa juga kita membuat identitas atau nama palsu buat aktivitas blogging, tapi rasanya itu bukanlah yang terbaik. Untuk menarik banyak pembaca, apalagi dalam forum atau komunitas blogger, kita harus memberikan identitas pribadi kita kepada orang lain. Hal ini sangat berguna untuk membangun kepercayaan dari orang-orang tersebut. Walaupun suatu saat kita akan mendapat kritik yang pedas dari artikel yang kita buat, tapi seorang blogger sukses harus dapat menangani kritik-kritik tersebut secara bijak dan mempertangungjawabkannya.

Bersedia untuk terus belajar

Dengan perkembangan informasi yang begitu cepat, kita harus selalu belajar tentang hal baru yang berkaitan dengan blog yang kita kelola. Jika tidak mau belajar tentang hal-hal baru tersebut, maka aktivitas blogging tidak mungkin tepat untuk dijalani. Blogging dan Internet secara keseluruhan selalu berubah, bahkan para blogger paling sukses pun terus mencoba untuk belajar hal-hal baru untuk lebih meningkatkan blog mereka. Untuk menjadi blogger sukses, kita harus bersedia untuk belajar bagaimana memulai dan bagaimana mempertahankan serta meningkatkan blog yang kita kelola di masa depan.

Demikianlah beberapa persiapan sebelum membuat blog yang perlu diketahui. Hal ini sangat penting untuk perkembangan blog selanjutnya.

Artikel terkait:

Bagikan: