Tips Memilih Nama Domain Blog

Tips Memilih Nama Domain Blog

Pertama kali yang harus dilakukan jika ingin menjadi blogger adalah memilih nama domain blog. Memilih nama domain blog memang susah-susah gampang, tidak semua nama domain blog yang kita inginkan tersedia karena sudah dipakai oleh orang lain.

Hal tersebut dikarenakan nama domain blog bersifat unik. Unik artinya tidak ada nama domain blog yang sama di dunia ini dan hanya satu-satunya. Jadi sangat mungkin nama yang kita inginkan untuk nama domain blog sudah dipakai oleh orang lain.

Lalu bagaimana cara memilih nama domain blog yang baik dan dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan? Ikuti tips memilih nama domain blog berikut ini.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memilih nama domain blog adalah menentukan apakah akan menggunakan nama yang jelas dan terkait dengan topik blog yang akan kita buat atau akan menggunakan nama domain blog yang bersifat kreatif dan tidak terkait dengan topik blog.

Keuntungan jika memiliki nama domain yang jelas dan terkait dengan topik blog adalah dapat membantu orang menemukan blog yang kita kelola melalui pencarian keyword atau kata kunci. Selain itu orang akan lebih mudah mengingat nama domain blog yang jelas ini dibandingkan dengan nama domain blog yang kreatif. Nama domain blog yang jelas misalnya trikseoblogpemula, jualbeli, bisnisonline dan sebagainya.

Sebaliknya, nama blog yang kreatif bisa menjadi ciri khas tertentu dari blog yang kita kelola dan akan membedakan blog kita dengan blog yang lainnya. Dalam pencariannya juga cenderung cukup mudah karena nama domain blog tidak harus sesuai dengan topik blog. Nama domain blog yang kreatif misalnya blog yang memakai inisial nama sang blogger seperti www.blog-guns.com ini. Setelah menentukan nama domain blog yang akan digunakan (jelas atau kreatif), langkah selanjutnya adalah melakukan riset nama domain blog itu sendiri.

Tips Memilih Nama Domain Blog
Untuk melakukan riset ini kita dapat menggunakan situs BlueHost yang akan membantu mencari nama-nama domain yang belum digunakan oleh orang lain. Kita tinggal memasukkan nama yang akan kita gunakan (termasuk ekstensinya ... .com .net .co, dan lain sebagainya) apakah tersedia atau tidak. Selain itu akan ditampilkan juga nama-nama domain blog yang bisa digunakan yang mirip dengan nama yang kita ketikkan tadi.

Tips Memilih Nama Domain Blog
Demikianlah tips memilih nama domain blog ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua.

Artikel terkait:

Bagikan: