Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Backlink sangat berpengaruh terhadap perkembangan blog. Tetapi untuk mendapatkan backlink berkualitas ternyata tidak semua blogger benar dalam melakukannya. Untuk itu saya ingin berbagi tentang cara mendapatkan backlink yang benar dan sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai.

Selain menjadi faktor penentu pagerank blog, backlink juga berpengaruh terhadap posisi SERP di hasil penelusuran. Untuk mendapatkan backlink berkualitas yang sesuai maka metode penerapan backlink juga akan berbeda. Lebih parahnya lagi, cara mendapatkan backlink yang salah bukan saja tidak memberikan efek terhadap perkembangan blog, tetapi bisa mendapatkan penalti dari Google berupa banned. Lalu bagaimana caranya...? (Pertanyaan menarik, wkwkwkw...).

Sebagaimana kita tahu, cara mendapatkan backlink secara umum dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini.
  • Menempatkan backlink di dalam artikel
  • Meninggalkan komentar
  • Melakukan share link ke sosial media
  • Menempatkan link di profil sosial media
Jika Sobat telah melakukan cara mendapatkan backlink di atas dan merasa belum mendapatkan efek yang signifikan terhadap perkembangan blog yang diinginkan, mungkin ada sesuatu yang perlu diluruskan. Jika link building yang Sobat lakukan bertujuan untuk meningkatkan pagerank, maka ada syarat yang harus dipernuhi yaitu memiliki banyak backlink dari banyak domain.

Aturan yang berlaku untuk mendapatkan backlink demi meningkatkan pagerank blog lebih ringan karena tidak mempedulikan anchor teks, dofollow ataupun nofollow, update artikel bahkan kualitas artikel. Selama jumlah backlink terus bertambah dari banyak domain, maka pagerank blog akan meningkat.

Untuk tujuan meningkatkan pagerank blog, backlink hanya berfungsi sebagai link rujukan. Teknik mendapatkan backlink seperti ini banyak digunakan oleh pembuat template atau widget yang dibagikan secara gratis dengan memasang link aktif di dalamnya.

Sedangkan jika membangun link building yang sobat lakukan bertujuan untuk meningkatkan posisi SERP di hasil penelusuran, ada beberapa syarat cara mendapatkan backlink berkualitas yang harus dipenuhi.

Backlink harus Natural

Untuk meningkatkan posisi SERP backlink harus natural. Cara mendapatkan backlink yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan teknik variasi anchor teks agar terkesan tidak membidik keyword yang tertarget. Selain itu, menerapkan teknik variasi anchor teks di dalam artikel juga akan terlihat wajar dan seolah-olah bukan kita (pemilik blog) yang membuatnya, tetapi orang lain. Dengan teknik ini search engine akan memberikan nilai lebih dan diyakini posisi SERP juga akan meningkat.

Backlink harus relevan

Selain backlink harus terlihat natural, untuk meningkatkan posisi SERP backlink juga harus memiliki relevansi antara penerima dan pemberi backlink. Berapa pun tingginya pagerank yang dimiliki oleh pemberi link, jika cara mendapatkan backlink tidak relevan maka akan diabaikan oleh search engine. Jadi, untuk meningkatkan posisi SERP relevansi backlink sangat penting.

Backlink dari situs pagerank lebih tinggi

Dengan mendapatkan backlink dari situs ber-pagerank lebih tinggi, maka search engine akan menganggap link rujukan sebagai suatu informasi yang berharga untuk ditampilkan lebih tinggi posisinya di dalam SERP hasil pencarian. Tapi harus juga memperhatikan tingkat relevansinya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Bagaimana jika ingin mendapatkan backlink berkualitas (untuk meningkatkan pagerank sekaligus meningkatkan posisi SERP hasil pencarian), di sinilah seninya SEO. SEO bukan tentang beruntung dan tidak beruntung, tetapi SEO terkait dengan algoritma yang perlu dipecahkan. Setiap orang akan memiliki cara yang berbeda tergantung tingkat pemahamannya masing-masing.

Demikian cara mendapatkan backlink berkualitas ini, semoga dapat mengobati rasa kangen saya yang lama tidak update postingan di blog guns ini. Semoga bermanfaat dan ada gunanya. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: