Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo secara alami [blogguns]. Komedo diakibatkan oleh sel kulit mati atau kelenjar minyak yang berlebihan sehingga mengakibatkan tertutupnya pori-pori. Cara menghilangkan komedo yang yang paling mudah adalah dengan mengeluarkannya menggunakan tangan dengan cara dipijat.

Ada juga alat untuk menghilangkan komedo yang biasa disebut dengan ekstraktor komedo. Bagaimana pun cara untuk menghilangkan komedo, yang pasti tangan maupun peralatan harus benar-benar steril dan bersih agar tidak mengakibatkan infeksi pada kulit yang justru akan menyebabkan masalah baru.

Menurut jenisnya komedo dibagi menjadi dua bagian, yaitu jenis komedo terbuka dan komedo tertutup. Cara menghilangkan komedo jenis terbuka ini dapat dilakukan dengan menekan daerah sekitar komedo untuk mengeluarkan isinya. Sedangkan untuk jenis komedo yang tertutup dapat melakukan tusukan terlebih dahulu dengan menggunakan jarum di bagian tengah komedo sebelum dapat mengeluarkan isinya.

Setelah mengeluarkan isi atau kandungan lemak dalam komedo (berlaku juga untuk menghilangkan jerawat), lakukan perawatan terhadap luka yang ditimbulkan dengan menggunakan alkohol atau antiseptik lainnya agar tidak terjadi infeksi.

Cara menghilangkan komedo di atas dilakukan jika komeda terlanjur tumbuh. Tetapi, sebelum komedo benar-benar muncul dan mengganggu penampilan, ada baiknya melakukan beberapa perawatan yang dapat mengurangi timbulnya komedo. Berikut beberapa cara mencegah timbulnya komedo dengan menggunakan bahan alami.

Uap air panas

Untuk mengurangi atau menghilangkan komedo dapat dilakukan dengan menggunakan uap air panas. Selain mudah, mencegah timbulnya komedo dengan uap air panas sangat mudah dilakukan dan gratis. Caranya adalah dengan merebus air hingga mendidih, kemudian memasukkannya ke dalam wadah yang telah disediakan.

Sebelum menghilangkan isi komedo, hadapkan muka terlebih dahulu ke dalam wadah yang berisi air panas agar uapnya dapat menembus daerah yang ditumbuhi komedo sehingga akan lebih mudah untuk mengeluarkannya. Lakukan 3 sampai 5 menit setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Putih telur

Putih telur banyak sekali manfaatnya untuk menjaga kecantikan, termasuk juga untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan putih telur adalah dengan mengusapkan ke bagian muka setelah sebelumnya wajah dibersihkan dahulu. Tunggu hingga 12 sampai 15 menit hingga putih telur kering. Setalah kering bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang optimal lakukan 2 sampai 3 kali setiap minggu.

Lemon

Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan mengiris lemon menjadi 2 bagian. Kemudian lakukan pijatan dengan menggunakan irisan lemon tersebut selama 5 sampai 10 menit. Untuk hasil yang optimal lakukan 2 sampai 3 kali setiap minggu.

Komedo sebenarnya tidak membahayakan, tetapi kehadirannya sangat mengganggu penampilan. Jika dalam memilih cara menghilangkan komedo salah, justru dapat menimbulkan infeksi yang sangat berbahaya. Cara untuk menghilangkan komedo yang terbaik adalah dengan menggunakan bahan alami, selain murah juga sangat aman dan tidak memiliki efek samping.

Artikel terkait:

Bagikan: