6 Langkah Efektif Cara Menulis Artikel Blog dengan Cepat

6 Langkah Efektif Cara Menulis Artikel Blog dengan Cepat

Pernahkan Sobat duduk di depan komputer dan berpikir, “Apa sih yang akan saya tulis?!” Sobat tahu bahwa pekerjaan seorang blogger adalah menulis artikel. Sobat harus melakukan itu walau terkadang sulit untuk mewujudkannya karena berbagai alasan.

Untuk dapat menulis artikel blog dengan cepat membutuhkan keterampilan dan pengalaman. Bahkan tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu sampai berjam-jam hanya untuk membuat satu buah artikel. Ketika Sobat memerlukan waktu lebih banyak untuk membuat artikel, hal itu akan menimbulkan rasa bosan dan yang akhirnya membuat aktivitas menulis bukan lagi hal yang menyenangkan.

Apakah ada rahasia khusus untuk menulis artikel blog yang berkualitas dalam waktu singkat? Saya percaya ada. Kenapa orang-orang sukses dapat melakukan begitu banyak pekerjaan dalam waktu singkat? Karena mereka sudah mempunyai cara, proses dan sistem yang baik dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Menerapkan sebuah sistem atau proses dalam menyelesaikan suatu pekerjaan akan memberikan pencapaian yang lebih optimal dan cepat. Pendekatan semacam ini mungkin akan terasa membosankan, karena tahap demi tahapnya selalu sama. Tetapi kenyataannya, hal tersebut dapat membuat pekerjaan selesai lebih mudah, lebih cepat, dan jauh lebih efisien.

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi pengalaman bagaimana kebiasaan saya menulis artikel blog lebih cepat dan efektif dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Menentukan topik yang akan dibahas

Hal yang pertama harus dilakukan adalah menentukan topik yang akan dibahas. Hal ini merupakan salah satu kunci bagaimana membuat artikel blog dengan cepat. Ketika kita akan mulai menulis sebuah artikel, semua seharusnya sudah siap, jika tidak maka waktu akan habis hanya untuk mencari topik yang yang seharusnya sudah dipersiapkan terlebih dahulu.

Kita bisa menyiapkan daftar topik atau tema yang akan dibuat menjadi artikel. Hal ini membuat proses pembuatan artikel menjadi lebih sederhana dan cepat. Ketika kita akan membuat artikel, kita hanya tinggal memilih salah satu topik yang ada dalam daftar yang kita miliki.

Memiliki daftar topik juga dapat membuat pikiran bawah sadar kita tetap bekerja, bahkan ketika kita tidak sedang menulis artikel. Ketika kita siap untuk membuat artikel, topik yang akan kita bahas secara tidak langsung sudah ada dalam pikiran dan siap untuk dituangkan dalam tulisan. Yang demikian adalah cara menulis artikel blog yang efisien, cepat, dan lebih baik.

Kita juga dapat menambahkan beberapa komponen pendukung pada daftar topik yang kita miliki. Seperti mempersiapkan daftar link rujukan, gambar-gambar yang relevan dengan topik yang akan kita bahas nantinya. Semakin banyak komponen pendukung yang kita siapkan, maka proses penulisan artikel akan semakin cepat.

6 Langkah Efektif Cara Menulis Artikel Blog dengan Cepat

Membuat pendahuluan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menulis sebuah artikel adalah membuat paragraf pembuka atau pendahuluan. Bagian pendahuluan dari sebuah artikel dapat membantu menentukan alur dari sebuah artikel. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat pendahuluan sebuah artikel.
  • Jelaskan kepada pembaca tentang topik utama yang akan dibahas dalam artikel tersebut
  • Jelaskan kepada pembaca mengapa mereka perlu untuk membaca artikel tersebut
  • Jelaskan kepada pembaca tentang gagasan atau ide yang akan kita sampaikan dalam artikel tersebut

Menentukan poin utama dalam artikel

Poin-poin yang kita tentukan berguna sebagai struktur atau kerangka dalam pembuatan artikel. Kita bisa menentukan beberapa poin utama tergantung seberapa luas topik yang akan kita bahas dalam artikel tersebut. Sebuah artikel yang tidak memiliki kerangka atau struktur yang jelas cenderung akan membuat pembaca bingung, bosan karena apa yang kita bahas bisa saja keluar dari topik yang telah ditentukan sebelumnya.

Pembaca akan lebih suka jika poin utama yang dibahas dalam sebuah artikel dituangkan dalam bentuk penomoran. Mereka cenderung membaca terlebih dahulu poin-poin utama tersebut sebelum membaca artikel secara keseluruhan. Alasan lainnya adalah untuk memudahkan penulisan artikel jika poin-poin utamanya telah ditentukan terlebih dahulu.

Menulis artikel dengan menggunakan pendekatan semacam ini akan membuat artikel blog lebih baik, jelas, dan terorganisir. Pembaca pun akan dapat mengetahui apa inti dari artikel yang kita buat hanya dengan membaca poin-poin tersebut.

Menuangkan ide atau gagasan utama artikel

Setelah kita menentukan poin-poin yang akan dibahas dalam sebuah artikel, saatnya kita menjabarkan poin-poin tersebut secara lebih rinci dan tetap fokus pada permasalahan yang dipilih. Ini adalah bagian utama dari sebuah artikel. Kita tidak bisa mengabaikan begitu saja karena akan mmpengaruhi kualitas artikel yang kita buat.

Kita bisa melakukan pencarian di Google untuk melengkapi dan mendukung apa yang sedang kita bahas dalam artikel. Kita bisa melihat dan membaca dari makalah, berita atau konten lain yang berkualitas tinggi yang dapat meyakinkan pembaca tentang apa yang sedang kita bahas. Pembaca yang cerdas lebih suka jika kita mendukung apa yang kita sampaikan dengan penelitian atau temuan yang telah ada sebelumnya.

Menambahkan gambar ke dalam artikel

Tambahkan gambar dalam artikel yang kita buat. Cara tercepat untuk mendapatkan gambar adalah dengan melakukan pencarian gambar Google. Cukup dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan topik yang sedang kita bahas, kita akan menemukan gambar yang kita butuhkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua gambar bebas untuk kita gunakan, ada beberapa diantaranya memiliki hak cipta dan kita dilarang untuk mempublikasikannya tanpa sumber yang jelas.

Membuat kesimpulan

Cara yang efektif dalam membuat kesimpulan sebuah artikel adalah dengan mendeskripsikan kembali secara singkat dan lebih jelas apa yang telah dibahas sebelumnya. Membuat kesimpulan bukan berarti menuliskan kembali apa yang telah ditulis sebelumnya dalam isi artikel. Tetapi membuat sebuah ringkasan tentang isi artikel agar pembaca benar-benar mengerti apa tujuan yang kita inginkan dalam artikel tersebut.

Ini adalah pendekatan atau cara yang biasa saya gunakan dalam menulis sebuah artikel. Sobat bisa mencoba cara-cara tersebut secara utuh atau sebagian untuk meningkatkan kecepatan Sobat dalam menulis artikel. Yang pasti tidak melupakan kreativitas Sobat sendiri dalam membuat sebuah artikel blog yang berkualitas. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: