5 Tips Praktis Meningkatkan Trafik Blog dari Google Plus

5 Tips Praktis Meningkatkan Trafik Blog dari Google Plus

Cara meningkatkan traffik blog – Sosial media seperti Facebook, Twiter, dan Google Plus merupakan situs favorit bagi banyak orang untuk meningkatkan jumlah lalulintas ke blog yang mereka kelola. Berbagi postingan blog ke sosial media bukan hanya akan meningkatkan traffik blog, tetapi dapat juga berinteraksi dengan pembaca dan audiens dengan lebih maksimal.

Jika ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan traffik lebih banyak dari Google Plus, melalui postingan ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara meningkatkan traffik blog dari Google Plus. Semoga dapat membantu meningkatkan traffik yang lebih banyak untuk perkembangan blog yang Sobat kelola.

Cara Meningkatkan Traffic Blog Menggunakan Google Plus

Jika postingan blog yang kita bagikan ke Google Plus menarik, maka orang akan membaca, berkomentar, lalu berbagi postingan yang kita bagikan tersebut. Hal tersebut merupakan potensi yang sangat besar untuk mengarahkan mereka ke blog yang kita kelola. Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan traffik blog melalui Google Plus.

Gaya tulisan

Untuk menarik perhatian pembaca, biasanya kita akan menggunakan gaya tulisan yang berbeda pada teks yang dianggap penting pada artikel blog. Misalnya dengan menggunakan bold atau tebal, miring, maupun dengan menambahkan bullets pada poin-poin yang kita anggap penting.

Kita juga dapat menerapkan cara-cara ini pada postingan Google Plus agar lebih menarik dan meningkatkan minat orang lain untuk berinteraksi dengan postingan yang kita bagikan.
  • Bold. Untuk membuat tulisan bold atau tebal, gunakan tanda bintang (*) sebelum dan sesudah teks 
  • Italic. Untuk membuat tulisan italic atau miring, gunakan tanda garis bawah (_) sebelum dan sesudah teks 
  • Strikeout. Untuk membuat tulisan strikeout atau garis tengah, gunakan tanda hubung atau hypen (-) sebelum dan sesudah teks

Berbagi gambar bukan hanya link

Berbagi URL atau link adalah cara yang paling umum dilakukan ketika ingin berbagi posting blog di sosial media. Jika ingin postingan kita di Google Plus lebih menarik dan mendapatkan traffik blog lebih banyak, maka kita harus melakukan sesuatu yang unik dan kreatif. Kita dapat berbagi gambar postingan di Google Plus, sehingga URL atau link yang kita bagikan dapat lebih menarik perhatian.

5 Tips Praktis Meningkatkan Trafik Blog dari Google Plus
Berikut cara membuat postingan di Google Plus yang dapat meningkatkan keterlibatan orang pada post yang kita bagikan.
  • Tulis judul pada bagian awal postingan dan gunakan style bold untuk menarik perhatian 
  • Kosongkan satu baris untuk memberikan ruang agar terkesan lebih rapi 
  • Tambahkan dua baris deskripsi yang menjelaskan keseluruhan isi postingan. Gunakan bahasa yang dapat menimbulkan rasa ingin dan tahu keinginan untuk membaca 
  • Kosongkan satu baris lagi 
  • Kemudian tambahkan URL atau link dan gambar yang dapat menarik perhatian

Pilih target pemirsa untuk berbagi

Untuk meningkatkan traffik blog, penting artinya berbagi postingan pada orang yang benar-benar sesuai target. Kita harus mengetahui siapa dan dimana orang-orang yang sesuai dengan target dalam artikel yang kita bagikan tersebut.

Google Plus memungkinkan kita untuk membuat lingkaran yang berbeda sesuai dengan target yang kita harapkan. Misalnya, kita hanya menambahkan orang yang berminat dengan teknik blog dan seo pada lingkaran blogging. Jadi, ketika kita berbagi postingan tentang seo dan teknik blog, kita dapat memilih lingkaran blogging tersebut untuk berbagi, bukan berbagi pada lingkaran lain yang bukan menjadi target postingan yang kita bagikan.

Banyak orang yang hanya berbagi postingan kepada “Publik” atau “Semua Lingkaran” di Google Plus. Padahal cara tersebut tidak akan efektif jika digunakan untuk meningkatkan traffik blog melalui postingan di Google Plus.

Bagikan artikel melalui email

Google Plus juga menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog yang kita kelola. Kita dapat menggunakan fitur “Kirim Email” untuk mengirimkan postingan yang melalui email. Dengan mencentang fitur tersebut, orang dalam lingkaran yang kita targetkan akan mendapatkan pemberitahuan dalam email mereka, sehingga postingan yang kita akan mendapatkan perhatian yang lebih dan dapat meningkatkan traffik blog dengan signifikan.

Meskipun dengan mengirimkan email tersebut dapat meningkatkan lalulintas ke blog, tetapi cara tersebut mengandung resiko jika dibagikan kepada orang-orang yang bukan menjadi target. Mereka dapat terganggu dan berhenti mengikuti kita di Google Plus.

Bagikan ke komunitas

Jika Sobat merupakan anggota dari komunitas Google Plus, maka Sobat juga dapat membagikan postingan blog ke komunitas langsung dari halaman profil. Dengan menggunakan tombol “Bagikan” atau “Share” yang ada di bawah postingan Google Plus, lalu pilih komunitas yang sesuai dengan target akan dapat meningkatkan traffik blog melalui Google Plus.

Dengan cara ini dapat meningkatkan traffik blog secara signifikan karena anggota komunitas dalam Google Plus biasanya mencapai jumlah ratusan ribu bahkan jutaan orang. Dengan cara ini juga akan menghemat waktu ketika ingin berbagi postingan dengan lebih banyak orang.

Tips menarik lainnya

  • Gunakan hashtag dalam postingan Google Plus. Hal ini akan membantu menargetkan pembaca yang lebih luas dan meningkat efisiensi waktu
  • Menanggapi komentar pembaca di postingan Google Plus. Dengan memberikan tag nama ketika menanggapi komentar pembaca akan meningkatkan keterlibatan pada postingan dan mendapatkan lalulintas blog lebih banyak dari Google Plus.
Tidak hanya Google Plus, tapi semua situs sosial media merupakan sumber traffik blog yang besar jika digunakan dengan cara yang benar. Semoga postingan ini dapat membantu meningkatkan traffik blog yang Sobat kelola dan bermanfaat untuk kita semua.

Sekarang giliran Sobat berbagi pengalaman dengan berkomentar bagaimana cara Sobat memanfaatkan Google Plus atau situs sosial media lain untuk meningkatkan traffik blog. Dan jika Sobat menyukai postingan ini, jangan lupa berbagi di Google Plus. Happy blogging!

Artikel terkait:

Bagikan: